Tentang Musik

by 16:31 0 comments
Pengertian Musik
Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal. 



Macam atau genre musik yaitu (sumber : genre musik) :

1. POP
ciri-cirinya : melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan jenis lain,lagu mudah disenandungkan dan dan mudah dipahami,harmoni,tidak rumit,tempo bervariasi.

2.BALADA
ciri-cirinya mirip dengan POP ,tempo lambat dan sedang,pola melodi bervariasai,lirik ekspresif,mengisahkan suka duka kehidupan.

3.ROCK
ciri-cirinya area nada luas,kekuasaan terletak pada dinamika aransemen,lagu sulit di senandung,lirik lagu ekspresif,beat cenderung, keras,tempo lambat / cepat,harmoni sangant rumit.

4. JAZZ
ciri utama dari musik JAZZ adalah improvisasi dengan aturan-aturan dan gaya yang telah mereka pilih.improvisasi tersebut disertai dengan progresi chord yang berulang dari sebuah lagu populer atau komposisi asli.

5. RHYTHM AND BLUES ( R & B )
saat ini musik R & B cenderung mengutamakan kemampuan improsasi melodi dan vokalisnya dengan harmonisasi yang progresif dari bunyi-bunyi instrumen musiknya.

6. COUNTRY
cikal bakal musik ini adalah dari lagu-lagu rakyat yang dibawa nenek moyang mereka para imigran dari kepulauan inggris.

7. THRASH METAL
merupakan sebuah jenis musik yang berasal dari HEAVY MENTAL yang dicirikan dengan tempo cepat dan agresif.lagu thrash metal bercerita tentng masalah-masalah sosial dan dengan bahasa blak-blakan.empat band besar yang mengusung jenis ini. anthrax megadeth,mentallica dan slayer yang terbentuk dan sekaligus menjadi populer pada awalnya tahun 1980-an

8. ALTERNATIVE ROCK
merupakan jenis musik rock yang muncul di tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990-an. Alternative populer terdiri dari berbagai jenis musik independent yang muncul sejak 1980-an,seperti grunge, britpop, gothic rock dan indie pop.

9. BLUES
adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumen yang berasal dari amerika serikat ( as ) penggunaan blue note dan penerapan bola call-and - response ( dimana dua kalimat diucapkan/ dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai " jawaban " bagi kalimat pertama pertama dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di afrika barat di era kini banyak blues lovers lahir.musik blues mempunyai pengaruh yang besar terhadap musik populer amerika dan barat yang baru,seperti dapat melihat lihat dalam aliran ragtime, jazz , " blues rock " ,electric blues, bluegrass, rhythm and blues, rock and roll, hip-hip, dan country, " reggae " , serta musik rock konvensional.

10. EASY LISTENING
merupakan genre yang gampang didengar oleh para pendengar musik. biasanya dimainkan oleh band-band indonesia. Easy listening memiliki arti gampang didengar,berarti dilagu yang ber genre Easy listening memiliki lirik yang mudah dihafalkan dan nada yang slow.

Musik adalah bunyi yang disukai oleh manusiaMusik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teraturMusik adalah bunyi yang enak untuk didengar (Schafer, 1995).Musik adalah bahasa universal.

Untuk memainkan musik dibutuhkan alat-alat musik, yaitu (sumber : musik):
  • Alat musik petik: gitarkecapisasandobanjoukulelemandolinharpagambus
  • Alat musik gesek: biolarebabcello
  • Alat musik ketuk: organpianoharpsichord,
  • Alat musik tiup: serulingterompettrombonharmonikapianikarecorder sopran,
  • Alat musik pukul: tamborinjidorrebanagamelan,
  • Alat musik moderen: gitar listrikorganakordeondrum,





  • Mirni

    Developer

    Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

    0 comments:

    Post a Comment